Kehamilan adalah periode terpenting untuk memberikan gizi kepada janin. Perhatian akan makanan yang anda konsumsi sangatlah penting. Janin perlu mengonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi serta berkualitas agar pertumbuhan dan perkembangan janin lebih terjaga akan kesehatannya. Kesehatan pada janin juga mempengaruhi kesehatannya pada saat anak anda telah lahir.

Makanan yang baik untuk ibu hamil harus memiliki beberapa kriteria untuk memenuhi kebutuhan akan gizi. Vitamin dan mineral adalah salah satu contoh indikator makanan sebagai makanan yang baik bagi ibu hamil. Gizi yang seimbang perlu dikonsumsi oleh janin sebagai salah satu penunjang pertumbuhan pada janin.

Kualitas makanan juga perlu diperhatikan dengan baik sehingga dapat membantu pertumbuhan anak pada janin. Kebersihan makanan serta cara penyajian makanan adalah salah satu kriteria makanan yang berkualitas.  Mengonsumsi makanan yang kotor dapat mengganggu pertumbuhan pada janin anda.

Anda perlu mengetahui makanan yang baik dan berkualitas yang akan anda konsumsi. Tidak semua makanan yang anda konsumsi baik bagi pertumbuhan janin. Terkadang anda mengonsumsi makanan yang seharusnya tidak anda konsumsi pada saat periode kehamilan. Jika hal ini sering terjadi, anda perlu memperhatikan makanan yang baik untuk ibu hamil di bawah ini.

5 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi makanan sehat untuk ibu hamil

1. Daging Tanpa Lemak

Daging merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan pada janin. Daging yang anda konsumsi haruslah rendah akan lemak. Lemak berbahaya pada janin karena dapat mengganggu pertumbuhan pada janin.

2. Ikan

Ikan memiliki banyak protein dan juga omega 3 yang tinggi untuk membantu pertumbuhan pada janin. Tetapi anda perlu memperhatikan tingkat merkuri yang terkandung pada ikan. Jangan mengonsumsi ikan yang terlalu banyak mengandung merkuri. Salah satu ikan yang sedikit mengandung merkuri adalah ikan salmon.

3. Telur

Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Telur juga mengandung kolin yang dapat membantu pertumbuhan otak bagi janin. Telur juga mengandung omega 3 yang baik bagi otak dan penglihatan. Dokter sangat menyarankan anda untuk mengonsumsi telur pada saat hamil.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan berguna bagi janin untuk pengembangan pada sistem saraf di dalam tubuh janin anda. Kacang-kacangan juga kaya akan asam flat yang berguna untuk mencegah kecacatan janin pada saat dilahirkan. Kacang-kacangan juga kaya akan Vitamin B yang memiliki banyak manfaat bagi janin anda.

5. Buah dan Sayur

Buah dan sayur menjadi salah satu makanan wajib yang dikonsumsi bukan hanya pada wanita hamil. Buah dan sayur mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang baik bagi janin anda. Vitamin yang terkandung dalam buah memiliki manfaat masing-masing. Zat besi yang terkandung pada sayuran sangat penting karena meningkatkan produksi hemoglobin pada sel tubuh dan juga dapat menambah energi bagi janin anda.

Itulah informasi singkat yang penting bagi anda untuk memilih makanan sehat yang anda konsumsi. Makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan janin di kemudian hari. Sehingga anda perlu memperhatikan akan makanan yang anda konsumsi. Jangan sampai anda lalai untuk memilih makanan yang bergizi serta berkualitas.