Yakin Kamu Penggemar Berat Sepak Bola? Anda Harus Tau 5 Fakta Ini!
Duniainformasikesehatan.com - Sebagai salah satu olahraga yang memiliki penggemar terbanyak di dunia, tidak heran bila perbincangan mengenai sepak bola sangat menarik untuk disimak. Salah satunya adalah fakta-fakta menarik seputar dunia sepak bola yang belum banyak orang ketahui. 

Apa saja fakta tersebut? Yuk mari kita simak bersama dibawah ini :

1. Sepak bola dimainkan pertama kali pada tanggal 19 Desember 1863, di Mortlake (London, Inggris)

Pertandingan sepakbola resmi pertama ini dimainkan oleh Barnes FC melawan tuan rumah Richmond FC di Limes Field, London (Inggris) menggunakan Undang-Undang Sepak bola FA dengan hasil imbang tanpa gol (0-0).

Sebelumnya, pertandingan yang tidak resmi biasanya menggunakan aturan Cambridge dimana pemain diijinkan untuk menggunakan tangan mereka untuk mencegah berlari dengan bola dan aturan Sheffield yang mengijinkan pemain menekan atau memukul bola dengan tangan mereka asal tidak dibawa dengan tangan mereka dan masing-masing klub diberi kebebasan menerapkan peraturan mereka sendiri.

2. Meski begitu, FIFA sendiri mengakui bahwa permainan yang serupa dengan sepak bola pertama kali dimainkan di China pada 206 SM

Menurut FIFA, permainan serupa telah dimainkan terlebih dahulu di China dengan istilah Cùjū (蹴鞠) yang memiliki arti, bola tendangan dengan peraturan serupa, dimana diperbolehkan menendang bola menggunakan bagian tubuh manapun kecuali tangan. 

Meski sangat mirip, namun Cùjū lebih sering disamakan dengan permainan rugby. Permainan Cùjū sendiri distandarisasi dan peraturannya ditetapkan selama dinasti Han (206 SM-220 SM). Lebih tua dari sepak bola yang di Inggris, nih.

3. Jaman dulu, bola yang digunakan terbuat dari kulit asli. Sedangkan sekarang, terbuat dari kulit sintetis

Ternyata sepak bola dulunya bola yang digunakan adalah terbuat dari kulit asli namun seiring berkembangnya zaman, kini kulit tidak lagi digunakan melainkan menggunakan kulit sintetis. 

4. Kompetisi sepak bola tertua di dunia adalah Piala FA yang didirikan oleh C.W. Alcock, tahun 1872 di Inggris

Di tahun yang sama (30 November 1872), pertandingan sepak bola internasional pertama kali diadakan antara Skotlandia dan Inggris di Glasgow (Skotlandia) dengan hasil seri (0-0) dengan jumlah penonton 4.000 orang. Baru tahu kan?

5. Dan ternyata Inggris juga menjadi rumah bagi liga sepak bola pertama di dunia (English Football League)

Liga ini sendiri didirikan oleh direktur Aston Villa (William McGregor) di Birmingham pada tahun 1988, berisi 12 klub yang berasal dari Midlands dan Northern England. Sejak tahun 1981-2016 nama liga ini mengikuti nama perusahaan yang menjadi sponsor utama. Sedangkan pada periode 2016-2017 kembali pada nama awal liga ini (England Football Cup) dikarenakan tidak ada sponsor utama dalam periode ini dan untuk periode selanjutnya (2017 - seterusnya) menggunakan nama Carabao Cup.

Ternyata Inggris emang negara pencipta dan pembuat sepak bola menjadi terkenal sampai sekarang ya. Untuk anda Penggemar berat sepak bola jangan sampai ketinggalan update berita bola Indonesia dan dunia. Kini ada Eyesoccer salah satu website sepakbola dengan informasi seputar sepak bola terlengkap mulai dari dalam negeri hingga manca negara semua disajikan disini. (*)