Perhatikan!! Inilah 7 Tanda Bahwa Jantungmu Sehat Bebas Penyakit!
Duniainformasikesehatan.com - Jantung adalah organ vital tubuh. Sehingga setiap perubahan atau gangguan yang terjadi di dalamnya wajib kamu waspadai. Nyeri dada, sesak napas, dan kelelahan mengindikasikan bahwa jantung sedang berada dalam masalah.

Nah, lalu bagaimana dengan jantung yang sehat? Seperti apakah ciri-cirinya? Dr Santosh Kumar Dora dari Cardiac Electro Physiologist, Asian Heart Institute, Mumbai menjelaskannya dibawah ini :

1. Ketika kamu selalu merasa penuh energi dan beraktivitas seharian tanpa terasa berat atau mudah lelah, ini pertanda bahwa jantungmu bekerja dengan baik.

2. Salah satu tanda umum dari lemahnya jantung adalah sulitnya bernapas, bahkan setelah kamu berjalan beberapa menit atau menaiki tangga. Namun ketika kamu bisa melakukan aktivitas tersebut dan nafasmu tak tersengal-sengal, jantungmu berfungsi normal.

3. Tanda lain dari sehatnya jantung adalah terjadi 72 denyut per menit (atau antara 70-80 denyut per menit).

4. Jika kamu tidak sering mengalami sesak di sekitar dada atau nyeri dada, ini pertanda bahwa jantungmu bekerja secara sehat.

5. Tanda jantung sehat juga bisa terlihat dari pemeriksaan rutin jantung, termasuk kolesterol, tekanan darah, atau laporan ECG. Jika angkanya masuk dalam kategori normal, maka kamu tak perlu khawatir.

6. Apakah berat badanmu termasuk normal? Jika ya, hal tersebut juga termasuk pertanda bahwa jantungmu normal.

7. Tanda terakhir adalah saat kamu bisa melakukan aktivitas fisik tanpa timbul rasa tidak nyaman, sakit, atau adanya tekanan di dada, jangan khawatir. Sebab hal ini pertanda bahwa jantungmu baik-baik saja. (merdeka)