Demi kesehatan kita sehari-hari, serat sangatlah penting bagi kesehatan anda karena serat berfungsi sebagai peransang aktivitas saluran usus dalam mengeluarkan kotoran yang ada dalam tubuh kita.
Coba anda bayangkan bila tidak ada serat yang masuk dalam tubuh anda, maka kotoran yang ada dalam tubuh anda tidak dikeluarkan, dan malah akan menjadi racun dalam tubuh anda.

Oleh karena itu baik bagi kita untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung serat tinggi dan baik bagi kesehatan anda.
Dan inilah 7 makanan berserat tinggi yang baik bagi kesehatan anda :

7 Makanan Berserat Tinggi Baik untuk Kesehatan

1. Buah Kiwi

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan

Buah kiwi ini adalah buah yang mengandung serat paling tinggi di antara buah lainnya. Kandungan serat yang terdapat didalamnya adalah 3,0 gram/ 100 gram serat.
Selain enak untuk dimakan, serat tinggi pula.

2. Kacang Merah

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan,kacang merah

Selain mengandung serat, kacang merah juga mengandung protein dan zat besi yang baik sekali untuk kesehatan. Kacang merah juga sering dimanfaatkan sebagai tambahan protein pada binaragawan,

3. Buah Alpukat

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan

Alpukat juga merupakan salah satu buah yang mengadung serat paling tinggi, disamping itu kandungan lemak tak jenuhnya dapat membantu anda menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Buah ini juga sangat cocok buat anda yang ingin diet.

4. Jagung

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan,jagung

Selain karbohidrat yang terkadung didalamnya, jagung juga mengandung serat yang cukup tinggi. Jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti karbohidrat dari nasi, karena kandungan karbohidrat dari jagung juga cukup tinggi. Jagung juga bisa dibuat popcorn sehingga lebih enak mengkonsumsinya.

5. Buncis

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan,buncis

Selain kaya akan serat, buncis juga mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah resiko terkena penyakit kanker dan jantung.

6. Oatmeal

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan,oatmeal

Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan dapat juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan serat dalam oatmeal juga cukup tinggi, maka dari itu sering dikonsumsi sebagai sarapan yang sehat tentunya. Oatmeal juga dapat menguatkan jantung, sehingga meminimalisir terjadinya penyakit jantung.

7. Kacang Polong

7 Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan,kacang polong

Kacang polong yang diolah menjadi berbagai jenis makanan apapun adalah sumber serat yang lezat, serbaguna, dan murah. Satu cangkir kacang polong dapat mengandung sekitar 16,3 gram serat, dan secangkir kacang polong beku mengandung sekitar 8,8 gram setelah dimasak.

Bagaimana sekarang ? sudah tahukan apa saja makanan yang mengandung serat paling tinggi ?
Selain mengandung serat yang tinggi makanan yang ada diatas juga enak untuk di konsumsi.
Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat buat anda semua.
Jangan lupa baca juga manfaat madu yang dimana sangat baik untuk kesehatan.