Duniainformasikesehatan.com - Cara menghilangkan jerawat secara alami itulah topik yang akan kita bahas kali ini. Jerawat merupakan momok bagi setiap orang dan paling ditakuti para remaja setelah mulai beranjak dewasa. Hal ini dikarenakan mereka sudah mulai menjaga penampilan demi mendapat perhatian lawan jenis. Maka dari itu jika wajah mereka berjerawat pasti akan sangat mengganggu kepercayaan diri mereka.

Saya sendiri terus terang tidak suka dengan jerawat, selain membuat wajah kita tidak enak dipandang, kadang juga menyakitkan. Maka dari itu informasi cara menghilangkan jerawat ini sangat penting. Selain itu bekas jerawat juga dapat merusak wajah anda, karena timbul bintik-bintik hitam dari jerawat tersebut. Kadang bekas jerawat juga dapat membuat wajah anda menjadi berlubang (kecil-kecil) itulah yang sangat susah untuk disembuhkan.

Kuman dan bakteri merupakan faktor utama penyebab terjadinya jerawat pada wajah anda. Jika wajah sudah terinfeksi maka timbullah jerawat pada wajah anda. Dan untuk menghilangkannya cukup sulit, banyak orang harus mengeluarkan banyak biaya demi menghilangkan jerawat yang membandel tersebut. Cara-cara yang digunakan pun beragam, mulai dari laser jerawat, klinik, spa, sampai melakukan operasi kulit wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Memanfaatkan Bahan-Bahan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
Ilustrasi cara menghilangkan jerawat secara alami © shutterstock
Jerawat sendiri adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah serta meradang, begitulah pengertiannya saya dapat dari wikipedia.
Dan menurut wiki, ada beberapa hal lagi menjadi penyebab dari jerawat ini :

Macam-Macam Penyebab Jerawat : 

  1. Produksi minyak yang berlebihan 
  2. Sel-sel kulit yang mati 
  3. Bakteri 
  4. Kosmetik 
  5. Obat-obatan 
  6. Telepon genggam 
  7. Stres 
  8. Debu 
  9. Makanan (seperti telur,kacang,dll)
Dari beberapa penyebab diatas, hal paling sering menjadi penyebab munculnya jerawat adalah produksi minyak berlebihan dan bakteri. Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat di indonesia, banyak memproduksi minyak berlebihan pada wajah, mungkin disebabkan iklim negara kita yang mayoritas tropis. Bakteri juga sering menjadi penyebab dari jerawat ini, mungkin hal ini sebabkan mereka malas mencuci muka ketika beraktifitas diluar, sehingga bakteri akan mudah menempel pada wajah mereka.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
Cara menghilangkan jerawat pada wajah © shutterstock

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami 

Setelah mengetahui berbagai penyebab jerawat diatas, jadi bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut ? Tenang, disini saya akan berbagi beberapa tips atau cara menghilangkan jerawat secara alami, karena dengan cara alami lebih baik dibanding dengan obat-obatan (efek kimianya malah tidak baik untuk wajah anda). Ini dia beberapa cara alami menghilangkan jerawat bisa anda lakukan dimana saja.

Cara Menghilangkan Jerawat Baca dibawah ini :

1. Rutin Mencuci Wajah

Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan selalu mencuci wajah anda ketika anda merasa wajah anda kotor dan banyak minyak. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan pembersih wajah, karena tidak baik juga untuk muka anda. Cukup gunakan air bersih saja, dan pastikan tangan anda bersih ketika anda mencuci wajah. 

2. Hilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga bahan alami dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat anda. Caranya gampang tinggal potong lidah buaya tersebut menjadi beberapa bagian terus oleskan pada jerawat di wajah anda. 

3. Minum Air Putih

Minum air putih juga dikatakan dapat menghilangkan jerawat. Minumlah air putih sebanyak mungkin, karena air putih bagus untuk proses metabolisme dalam tubuh anda, dan akan membersihkan kotoran yang ada dalam tubuh anda. 

4. Konsumsi buah dan Sayuran

Konsumsi buah dan sayuran yang banyak dan hindari makanan berminyak atau berlemak, karena jerawat akan mudah timbul ketika ada minyak berlebih pada wajah anda. Anda juga bisa menggunakan beberapa buah-buah dan tanaman untuk menghilangkan jerawat diwajah anda diantaranya buah tomat, timun, pepaya, jeruk nipis, bawang putih, lobak, dan ternyata madu juga bisa menghilangkan jerawat diwajah anda. Cara menggunakannya oleskan salah satu bahan tersebut di wajah anda, kemudian dicuci dengan air bersih. 

5. Menghilangkan jerawat dengan Madu

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu adalah salah satu bahan alami yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Selain menghilangkan jerawat, madu juga dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah anda. Untuk lebih jelasnya silahkan baca selengkapnya disini :
Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu Alami 

6. Mengobati Jerawat dengan Beras Kencur

Beras kencur juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya gampang sekali tinggal basuh wajah anda dengan air beras kencur secara rutin. Selain jerawat hilang, wajah anda juga akan tampak lebih cerah dan putih. 

7. Oleskan Putih Telur 

Putih telur ternyata memiliki khasiat yang bagus juga untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya pun cukup gampang, anda hanya tinggal mengoles putih telur tersebut pada bagian wajah (seperti menggunakan masker) setelah itu tunggu selama 30 menit baru kemudian bilas dengan air hangat. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur harus dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. 

8. Hindari Makanan Berminyak

Cara menghilangkan jerawat yang terakhir adalah dengan menghindari makanan berminyak seperti gorengan dan lain-lain. Karena makanan berminyak dapat menjadi pemicu terjadinya jerawat pada wajah anda.

Sudah Tahu Bukan Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat ?

Nah itulah beberapa tips atau cara menghilangkan jerawat secara alami, dan sebenarnya masih banyak lagi cara menghilangkan jerawat, mungkin akan dibahas lagi dilain kesempatan. Jika anda bermasalah dengan bekas jerawat mungkin artikel ini dapat membantu :
5 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Akhir kata, semoga artikel tentang cara menghilangkan jerawat kali ini bisa bermanfaat buat anda para pembaca sekalian. Wajah menjadi bersih dan cantik tanpa adanya jerawat. Terima kasih..