Kanker serviks atau biasa disebut kanker rahim ini sekarang sedang mendapatkan sorotan utama dari dunia medis. Fakta menunjukkan bahwa ribuan wanita meninggal setiap tahunnya dikarenakan penyakit ini dan penyakit ini dianggap sebagai penyakit yang cukup mematikan untuk kaum wanita. Banyak faktor bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks ini, diantaranya pola hidup yang tidak sehat, kurangnya olahraga dan seringnya bergonta-ganti pasangan. Dan yang menjadi penyebab utama dari kanker serviks ini adalah Human Papilloma Virus (HPV).

Virus kanker serviks ini juga sangat mudah untuk menular kesiapa saja, hanya dengan sentuhan sedikit saja maka virus tersebut akan masuk kedalam tubuh anda (khusus bagian kewanitaan anda), makanya disini jangan sering bergonta-ganti pasangan karena hal itulah (kanker serviks) ditakutkan terjadi.

Ciri-Ciri Kanker Serviks


Ciri-ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi gambar kanker serviks dan cara mencegahnya

Untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri-ciri dari kanker serviks :

  1. Sering timbul flek-flek pada bagian kewanitaan anda, walaupun anda sedang tidak mengalami haid.
  2. Sering mengalami sakit berlebih atau nyeri-nyeri ketika anda sedang melakukan hubungan suami istri.
  3. Mengalami keputihan yang tidak wajar dan kadang disertai dengan pendarahan yang banyak.
  4. Ketika buang air kecil sering merasakan sakit pada bagian kewanitaan anda.
  5. Mengalami pendarahan berlebih ketika anda menstruasi.
  6. Sering merasakan sakit di daerah pinggul 
  7. Nafsu makan berkurang
  8. Menstruasi tidak teratur
  9. Kadang anda akan mengalami pembengkakkan dibagian paha
  10. Biasanya kanker serviks ini membuat area kewanitaan anda merasa tidak nyaman

Untuk gejala lebih detilnya mungkin dapat anda konsultasikan ke dokter, karena ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri umumnya saja. Kadang ada penderita kanker serviks yang tidak mengalami ciri-ciri tersebut, namun setelah dicek ternyata positif kanker serviks. Hal ini juga susah untuk dijelaskan.

Sekarang kita sudah mengetahui apa ciri-ciri dari kanker serviks tersebut, sekarang bagaimana cara mencegahnya ? karena menurut kabarnya kanker ini belum bisa disembuhkan, namun dapat kita cegah.

Tingkat Stadium dan Harapan Hidup Penderita Kanker Serviks

Menurut laman yang kami lansir dari Alodokter.com, Pengobatan kanker serviks tergantung kepada beberapa faktor. Kanker serviks bisa diobati dengan cara operasi jika diagnosis dilakukan pada tingkat awal. Pada beberapa kasus, hanya serviks yang diangkat dan rahim bisa dibiarkan saja. Jika lebih lanjut, rahim perlu diangkat seluruhnya. Proses operasi untuk pengangkatan rahim disebut sebagai histerektomi.

Sedangkan radioterapi adalah langkah alternatif untuk kanker serviks stadium awal. Pada kasus tertentu, radioterapi juga dipakai berdampingan dengan operasi. Untuk kasus kanker serviks stadium lanjut, biasanya dirawat dengan metode kombinasi kemoterapi dan radioterapi. Beberapa penanganan bisa memiliki efek samping yang berat dan jangka panjang, termasuk di antaranya adalah menopause dini dan kemandulan.

Masa depan pengidap kanker serviks ditentukan oleh diagnosis stadium kanker serviks yang diterima. Stadium kanker serviks bertahap dari satu hingga empat dan menggambarkan tingkat perkembangan dan penyebaran kanker. Angka harapan bertahan hidup setidaknya lima tahun setelah didiagnosis kanker serviks, dikelompokkan ke dalam status stadium:
  • Stadium 1 – 80-99 persen
  • Stadium 2 – 60-90 persen
  • Stadium 3 – 30-50 persen
  • Stadium 4 – 20 persen
Tidak ada satu cara khusus untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. Tapi masih ada beberapa cara untuk mengurangi resiko terkena kanker serviks ini.

Berikut ada beberapa tips untuk mencegah kanker serviks ini :

  1. Hindari membersihkan bagian kewanitaan anda terlalu sering karena dapat membunuh bakteri baik yang ada didalamnya dan PH menjadi tidak stabil
  2. Melakukan vaksin HPV untuk mencegah virus kanker serviks tersebut masuk kedalam tubuh anda.
  3. Jangan berganti-ganti pasangan karena sudah saya jelaskan diatas akibatnya
  4. Jika anda belum menikah, hindari hubungan intim secara bebas karena jika anda melakukannya maka resiko anda terkena kanker serviks ini akan semakin tinggi.
  5. Mulailah pola hidup sehat yang baik dan benar karena dengan pola hidup sehat resiko anda untuk mengalami berbagai macam penyakit menjadi kecil.
  6. Hindari kebiasaan merokok karena merokok dapat meningkatkan resiko anda untuk mengalami kanker serviks.
  7. dan terakhir cukupi kandungan gizi diperlukan oleh tubuh anda setiap hari seperti mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Nah itulah ciri-ciri kanker serviks dan cara mencegahnya, mudah-mudahan informasi yang saya sampaikan kali ini bermafaat untuk anda khususnya para wanita. Ingat!! Kanker serviks adalah salah satu pembunuh terbesar untuk kalangan wanita khususnya. Jadi sebisa mungkin hindari penyakit ini.

Dengan mengikuti beberapa tips diatas mungkin anda akan lebih tidak beresiko mengalami kanker rahim/serviks ini, karena kembali lagi jika kita melakukan pola hidup sehat maka anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker serviks ini.