Sakit gigi, bila kita mendengar dua kata ini pasti sudah tidak asing lagi. Seperti kata pepatah "lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi" sudah terbayang kan bagaimana sakitnya bila terkena sakit gigi ini. Rasanya sungguh tidak enak sekali seperti susah tidur, susah makan,sensitif terhadap berbagai suara yang keras karena dianggap bising, mudah marah, konsentrasi terganggu ketika bekerja dan bahkan kadang-kadang tidak bisa bekerja dibuatnya.

Adapun penyebab sakit gigi ini antara lain seperti adanya lubang pada gigi anda,retak, maupun radang pada gusi, karies gigi, gingivitis, dan masuk angin. Penyebab yang sering terjadi pada sakit gigi biasanya adalah gigi berlubang dan masuk angin.

Bila gigi anda berlubang maka sisa makanan akan menempel dilubang tersebut dan menjadi bakteri bila tidak anda bersihkan, dan hal itulah yang membuat gigi anda sakit. Makanya ikuti anjuran para ahli kesehatan untuk sikat gigi 2 kali sehari pagi dan malam hari sebelum tidur, setidaknya dapat mencegah kita untuk mengalami sakit gigi.

Obat Sakit Gigi Tradisional dan Alami
Sakit gigi dapat di obati dengan pengobatan tradisional dan alami
Bagaimana sekarang jika saya tengah mengalami sakit gigi dan tidak ingin ke dokter karena takut jarum suntik? (hahaha buat malu aja)
Tenang.. berikut ada beberapa tips mengobati sakit gigi dengan cara tradisional dan alami, silahkan disimak :

Bawang putih

Bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat. Baca juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Bawang Putih

Bahan : Bawang Putih (1-2 siung), air hangat (2 gelas)

Daun Inggu Kering

Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring airnya setelah dingin, airnya digunakan untuk kumur beberapa kali.
Bahan: Daun inggu kering (2-4 gram), air (2 gelas).

Minyak tempurung kelapa

Cara pengobatan: Ambil tempurung kelapa lalu dibakar sampai keluar minyaknya. Ambil minya tempurung kelapa tersebut dengan kapas. Lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Niscaya dalam beberapa menit sakit gigi Anda akan hilang.
Bahan: Tempurung kelapa yang sudah dibelah, Kapas secukupnya

Serai

Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma.
Caranya: Rebus serai segar secukupnya dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.
Bahan : Serai dan air putih (2 gelas)

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga terkenal bisa mengobati sakit gigi, dan caranya gampang sekali :
Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkeh ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Dan tunggu beberapa saat sampai minyak cengkehnya bereaksi.
Bahan : Minyak cengkeh dan kapas

Teh Hangat

Teh panas (tanpa gula) membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan.

Bahan : Teh celup dan air panas

Es batu

Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Nah itulah beberapa obat sakit gigi tradisional dan alami, semoga bermanfaat ya.. Dan rajin-rajiinlah menggosok gigi, ingat 2 kali sehari ya.. supaya resiko anda untuk sakit gigi menjadi berkurang.