Pasti anda masih asing dengan nama jambu jamaika ini? Bagaimana kalau dengan jambu merah? atau jambu bol? Ya betul sekali, jambu jamaika sebenarnya adalah jambu bol ataupun jambu merah. Ada juga yang menyebutnya jambu bol jamaika.

Sebenarnya jambu jamaika ini merupakan jambu lokal indonesia dan harganya yang cukup lumayan mahal dikarenakan rasanya yang enak dan cukup khas dibanding jambu lainnya. Disebut sebagai jambu jamaika mungkin untuk mendongkrak kepopuleran jambu ini supaya lebih mudah kenali dan ada juga yang menyebutkan warnanya yang merah agak kehitaman seperti orang jamaika.

Tapi itu hanyalah omongan orang-orang diluar sana, sampai sekarang belum diketahui secara jelas mengapa jambu ini disebut sebagai jambu jamaika.
Manfaat Jambu Jamaika untuk Kesehatan
Jambu jamaika
Menurut wikipedia, secara umum jambu jamaika ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang sama seperti jambu air pada umumnya yakni vitamin C, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh kerena itu, secara umum manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi jambu jamaika ini kurang lebih sama dengan manfaat jambu air lainnya.

Adapun beberapa manfaat jambu jamaika ini untuk kesehatan adalah seperti :
  1. Mencerahkan dan menyegarkan kulit anda karena kandungan vitamin c dan vitamin a nya
  2. Melancarkan sistem pencernaan didalam ditubuh anda karena kandungan serat yang terdapat didalamnya
  3. Menjernihkan penglihatan mata anda (vitamin A)
  4. Melancarkan buang air anda (karena kandungan airnya yang cukup tinggi)
  5. Sebagai pengganti karbohidrat (nasi) karena jambu ini juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, cukup mengkonsumsi 2 biji saja anda akan merasa kenyang.

Untuk menemukan jambu ini cukup sulit dikarenakan jambu ini masih langka di pasaran sebab memang yang membudidayakannya masih terbatas. Hal ini juga yang menjadikan harganya masih tinggi jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. 
Jika anda jeli melihat peluang usaha disini, mungkin anda dapat membudidayakannya, selain masih langka dipasaran harganya juga yang relatif lebih mahal dibanding buah jambu lainnya.

Demikianlah sedikit artikel mengenai manfaat jambu jamaika untuk kesehatan, dan ada juga peluang usahanya lho. Semoga bermanfaat ya buat anda sekalian. Salam kesehatan.