Amandel (tonsil) terdapat pada semua orang. Amandel membuat limfosit yakni sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk melalui mulut. Bila amandel sehat-sehat saja, atau amandel agak besar tapi tidak mengganggu jalan pernafasan atau menimbulkan sakit, maka tidak perlu diapa-apakan.

Amandel yang perlu di obati adalah amandel yang meradang (disebabkan oleh infeksi kuman) sehingga menimbulkan demam, sakit kepala, muntah-muntah, lemas tidak bersemangat, dan bahkan mengganggu pernafasan. 

Disini kami memberikan beberapa resep pengobatan untuk mengobati penyakit amandel, mau tahu apa saja resepnya? Silahkan lihat resepnya dibawah ini :

Resep Pengobatan Penyakit Amandel


Resep Pengobatan Penyakit Amandel
Pengobatan penyakit amandel

Adapun Resep-resepnya sebagai berikut :

  1. Ambil 3 kulit jeruk nipis, kemudian dicuci. Potong-potong dan rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal 3/4 lalau saring. Kumur-kumur dengan airnya dan diminum.Lakukan 3-4 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
  2. Seibu jari kunyit diparut, seduh dengan segelas air, beri perasan air jeruk nipis dan sesendok makan madu. Minum sehari sekali.
  3. Beberapa helai daun mengkudu dicuci sampai bersih, kemudian direbus sampai matang. Makanlah sebagai lalap. Namun setiap setengah jam sekali berkumur dengan air ramuan. (catatan : resep ini juga dapat mengobati radang tenggorokan)
  4. Ambil 5-10 lembar daun sosor bebek, lalu dicuci. Kemudian dibilas dengan air masak dan tumbuk sampai halus, peras, saring. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Demikianlah beberapa resep pengobatan penyakit amandel, semoga bermanfaat dan cepat sembuh.